Rabu, 06 Mei 2009

Instalasi wine emulator di ubuntu Linux


Wine emulator adalah sebuah paket program aplikasi yang digunakan untuk menjalankan program yang memiliki Type file yang berekstensi .EXE yang biasa terdapat pada microsoft windows. dengan bantuan program wine emulator ini kita dapat menjalankan program - program yang biasa terdapat pada microsoft windows seperti program pemutar music, pemutar video, pengedit gambar, pengedit video, Game, Antivirus, DLL. Asalkan file program tersebut memiliki type file yang berekstensi .EXE. jika type file tidak berekstensi .EXE maka program tersebut tidak dapat dijalankan. tapi biasanya program yang terdapat pada microsoft windows ekstensi type filenya adalah .EXE. buat anda yang menggunakan ubuntu linux dan ingin menggunakan program emulator ini cara instalasinya tidak terlalu sulit. berikut cara instalasinya:

cara instalasi :
1. Pastikan agar komputer terkoneksi dengan internet
2. Menu applications, Add Remove Programs
3. Maka akan muncul Add/Remove Applications, pada Show : (Pilih All Available applications), Pada Search : (Ketikan Wine), Pada Application yang telah tersedia pilih dan checklist Wine Microsoft Windows Compatibility Layer, jika sudah Click Apply Changes.Tunggu hingga proses selesai.



4. Finish, Wine Emulator telah terpasang.

Wine telah terpasang. tetapi anda belum dapat menjalankan program windows. agar dapat menjalankan program, anda perlu melakukan configurasi wine terlebih dahulu. cara configurasinya sebagai berikut :

1. Menu Applications, Wine, Wine Configurations, maka akan muncul jendela Wine Configurations


2. Pilih versi windows yang ingin digunakan.
3. Kemudian Add Application
4. Pilih program windows yang ingin di running pada lokasi drive tempat anda menyimpanya. jika sudah Apply Lalu OK.
5. Jalankan program yang telah anda configurasi sebelumnya.
6. Finish.

Artikel terkait :



1 comments:

Fikri Thufaily on 19 April 2011 pukul 04.47 mengatakan...

Good job...

RECENT COMMENT

JOIN WITH ME

 

. : Home | Contact | About | Copyright © 2009 Boyzit Powered by Blogger.com : .