Kamis, 07 Mei 2009

Upgrade Ubuntu 8.10 ke Ubuntu 9.04


Pada artikel ini akan memberi informasi bagaimana cara melakukan atau Tutorial Upgrade Linux Ubuntu 8.10 ( Intrepid Ibex) ke Ubuntu 9.04 (Jaunty JAckalope) yang release pada tanggal 3 April yang lalu. bagi yang ingin melakukan Upgrade, Sebelumnya silakan anda melihat Fitur - fitur apa saja yang ditawarkan oleh Ubuntu 9.04 yang memiliki code name: Jaunty Jackalope ini, DISINI. sebelum anda memutuskan untuk mengupgrade sytem anda.

Hal penting Sebelum melakukan Upgrade :
  • BackUp data terlebih dahulu. hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan
  • Pastikan Anda memiliki Space yang cukup untuk proses Instalasi
  • Komputer terhubung dengan internet. dan pastikan agar komputer dapat terhubung dengan baik. agar tidak mengalami kegagalan dalam menguduh repository upgrade.
  • Tutorial ini hanya untuk upgrade Ubuntu 8.10 (Intrepid Ibex) ke Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackalope). bukan untuk versi yang lain.
Berikut proses atau Langkah-langkah Upgrade :
1. Menu Sytem, Administration, Kemudian pilih Update Manager, Akan muncul jendela Update Manager. New distribution release 9.04 is available, click tombol Upgrade

2. Click Upgrade lagi, tunggu, Masukan password user, tunggu

3. Click start Upgrade, Tunggu hingga proses Upgrading Ubuntu to Version 9.04 selesai (Proses Upgrade cukup lama) tergantung dari Repository masing - masing. proses upgrade terdiri dari 6 tahap, pertama prepare upgrade, setting software baru, perkenalan packet baru, instalasi upgrades, cleaning Up, Komputer akan melakukan Restart.


4. Pada saat proses Cleaning up. anda akan diberi confirmasi apakah akan menghapus packet yang terdapat pada Ubuntu anda sebelumnya. jika tidak ada yang penting Click Remove, jika menurut anda penting click keep.


5. Komputer akan melakukan restart.
6. Finish.

Untuk mengetahui apakah proses upgrade anda berhasil anda perlu mengeceknya dengan membuka aplikasi terminal. kemudian ketik :
sudo lsb_release -a
password for user : ( masukan user password )

Jika hasil seperti gambar diatas proses upgrade anda berhasil. sekarang anda telah menggunakan Ubuntu versi 9.04 (Jaunty Jackalop)

" Selamat Mencoba "

Artikel terkait :



0 comments:

RECENT COMMENT

JOIN WITH ME

 

. : Home | Contact | About | Copyright © 2009 Boyzit Powered by Blogger.com : .