Jumat, 08 Mei 2009

Pengenalan & Sejarah Bahasa Pemrograman C++


Sejarah Singkat

Pada mulanya bahasa komputer digunakan untuk membantu dalam melakukan perhitungan - perhitungan Telemetri. ketika itu bahasa yang digunakan masih sangat primitif sekali, karena masih berupa bahasa mesin yang hanya mengenal angka 1 dan 0. Selanjutnya bahasa mesin tersebut disederhanakan menjadi bahasa yang agak dipahami yang disebut bahasa Assembly, yaitu bahasa tingkat menengah (Low Level Language). Pada Tahun 1969, Laboraturium Bell AT&T di Murray Hill, New Jersey menggunakan bahasa Assembly untuk mengembangkan sistem operasi UNIX. yang bertujuan untuk membuat Sistem operasi yang dapat bersifat mudah di program (Programmer Friendly). Setelah UNIX berjalan, Ken Thompson, seorang pengembang sistem pada Laboratorium AT&T Laboratories mengembangkan compiler baru dengan nama bahasa B. Bahasa B ini digunakan untuk merevisi sistem operasi UNIX. Karena bahasa B ini masih bersifat Intpreter dan terbilang lambat, maka pada tahun 1971. Sistem operasi UNIX ditulis ulang menggunakan bahasa C, yaitu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Dennis Ritchi, seorang pengembang sistem di laboratorium yang sama. Tetapi bahasa C masih sulit dipelajari karena masih bersifat prosedural murni. akhirnya pada tahun 1983, Bjarne Stroustrup yang juga pengembang sistem di Laboratorium yang sama menciptakan bahasa C++ yang merupakan bahasa Hybrid dari bahasa C. Karena bahasa C++ didasarkan dari bahasa C. sehingga kita bisa mengkompilasi program - program yang ditulis dalam bahasa C dengan menggunakan Compiler C++.

Keistimewaan

Keistimewaan bahasa C++ adalah karena bahasa ini merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi Objek (Object Oriented Programming). bahasa C++ sendiri merupakan bahasa tingkat menengah (Middle Level Language).

Hingga saat ini bahasa C masih digunakan untuk mengembangkan program dan sistem operasi diantaranya sytem operasi yang sering kita gunakan Windows dan Linux. dan banyak digunakan juga untuk mengembangkan program - program aplikasi di bidang Telekomunikasi, Finansial, dan Bisnis. bahkan sampai saat ini permainan game yang biasa kita temukan pada komputer sebagian besar masih menggunakan bahasa C/C++.

Proses Kompilasi dan Eksekusi Program

a. Preprocessor
mula - mula kode program akan dimasukan kebagian preprocessing yaitu yang diawali dengan # (Pound)dan akan menghasilkan file yang akan di lewatkan kedalam Compiler. beberapa Preprocessor tersebut diantaranya : #include, #define, #ifdef, dll.
b. Compiler C++
Disini Compiler akan menterjemahkan kode program yang dilewatkan oleh preprocessor kedalam bahasa Assembly.
c. Assembler
Assembler menerima keluaran dari compiler C++ dan akan membuat sebuah Code Objek, yang akan dieksekusi menjadi file EXE.
d. Link editor
bagian ini dikerjakan jika kode program yang kita buat menggunakan fungsi - fungsi luar yang disimpan dalam sebuah library lain. Link editor akan mengkombinasikan kode objek dan library yang ada untuk menjadikan sebuah file EXE.

dari pengenalan, sejarah dan sedikit pembahasan mengenai bahasa pemrograman C++ diatas dapat membuka wawasan anda mengenai bahasa C++. mungkin jika anda tertarik dan ingin mempelajari bahasa C++ ini , Silakan anda download C++ compiler for windows yang telah saya sediakan dibawah ini :

Turbo C++ For Windows

Artikel terkait :



0 comments:

RECENT COMMENT

JOIN WITH ME

 

. : Home | Contact | About | Copyright © 2009 Boyzit Powered by Blogger.com : .